Toyota Sienta

Rabu, 11 Mei 2016

Toyota Sienta


Bagi para penggemar otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan Toyota Sienta. Yak, mobil ini baru keluar pada tahun ini. Dan berikut penjelasannya.

Toyota Sienta adalah sebuah mobil keluaran baru yang di pamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang di adakan 7-17 April 2016 lalu. Sebelumnya mobil ini sudah keluar di negara Jepang dengan menggunanakan nama yang sama. Toyota Sienta akan menjadi mobil saingan terberat bagi Honda Freed, di tambah lagi dengan harga pasaran yang berkisar 200 – 300 juta. Toyota memiliki beberapa model diantaranya seri E, G, V, dan Q, dan terdiri dari 7 warna yang menawan. Toyota Sienta memiliki eksterior yang menawan dan interior yang dapat disesuaikan oleh pemiliknya. Tidak hanya itu, Sienta menawarkan tempat duduk up to 7 seat, mesin yang bertenaga 1500 cc dan dilengkapi dengan full injeksi dapat membuat pembakaran yang lebih sempurna dan makin asik untuk berkendara. Toyotaa Sienta juga ditambah dengan beberapa fitur keamanan dan keselamatan yaitu immobilizer, airbags, ABS, BA, dan EBD. Sama hal nya dengan pesaing nya Sienta juga menggunakan pintu sistem sliding door.
Toyota Sienta adalah mobil MPV dengan konsep premium dan elegan, Toyota Sienta dilengkapi dengan tombol start-stop engine ( V dan Q), di bagian kemudi juga dilengkapi dengan sistem steering switch control dan layar TFT multi information display untuk semua varian.

Toyota Sienta memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tingginya 1.675 dengan kapasitas 6-7 seaters. Dengan velg desain sporty berukuran 16 inci (G,V,Q) yang dibalut dengan ban berukuran 195/50 R16 Alloy Wheel. Toyota Sienta ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman terbaik saat ini, yaitu ABS, dan EBD (V dan Q) yang menjadi fitur keamanan wajib saat dikendarai.

Toyota Sienta menggunakan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE yang berkapasitas silinder mencapai 1.496 cc. Mesin tersebut dapat menciptakan tenaga maksimum hingga 109 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi hingga 136 Nm pada putaran 4.400 rpm. Dengan melihat kapasitas dan jenis mesin tersebut, tergolong mesin yang cukup bertenaga dan tentunya hemat bahan bakar. Sebab, mesin tersebut hanya membutuhkan 1 Liter bahan bakar dalam jarak tempuh 20.2 km. Sementara, untuk sistem transmisinya, Toyota Sienta menggunakan sistem transmisi Super CVT-i. Di sisi lain, untuk versi hybrid sama-sama mengusung mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I lengkap dengan fitur start-stop engine. Tetapi, pada kapasitas silinder yang dimiliki Toyota Sienta versi hybrid ini memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 1.497 cc. Mesin itu mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 74 ps pada putaran 4.800 rpm dan torsi hingga 111 Nm pada putaran 4.400 rpm. Untuk harga Toyota Sienta versi hybrid ini tentunya lebih mahal sebab lebih irit bahan bakar. Karena, untuk 1 Liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jarak 27.9 km. Sementara untuk sistem transmisinya Toyota Sienta ini menggunakan teknologi Electrically Controlled CVT yang sudah lengkap dengan motor electric yang berteknologi Synchronous Alternating Current Motor. Untuk versi yang ada Indonesia, masih sama menggunakan mesin dengan cc di kelas 1500, dengan kekuatan 107 Hp. Sedangkan urusan transmisi, para peminta Toyota Sienta diperboleh kan memilih varian MT/CVT. Hanya saja, untuk varian Q yang termahal dari spesifikasi Toyota Sienta ini diusung dengan transmisi automatic saja.

Untuk fitur keselamatan sudah pasti sebagai mobil MPV yang elegan, tentunya harus memerhatikan fitur keselamatan dan kenyamanan, yaitu 2 buah Airbag yang akan menjamin keselamatan pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau pun benturan. Tidak hanya itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan fitur Pre-Collision System (PCS) yang dapat digunakan untuk mengatur sistem pengereman dan fitur Lane Departur Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Toyota Sienta juga memberikan fasilitas kenyamanan seperti stability control, Hill Start Assist (tipe Q) dan ISOFIX (semua varian) yang digunakan sebagai tempat duduk anak-anak pad baris kursi yang ke 2.

Spesifikasi Toyota Sienta
Tipe
E
G
V
Q
Mesin
Tipe
2NR-FE dual VVT-i
Tenaga/Torsi
107 Ps/14.6 kgm
Transmisi
MT/CVT
MT/CVT
MT/CVT
CVT
Eksterior
Headlamp
Hallogen Projection With Leveling
Bi-Beam LED+Auto Leveling
Foglamp
Tidak
Ya
Velg
Steel 15″+Cover
Alloy 15″
Alloy 16″
Alloy 16″
Interior
Tempat Duduk
Hingga 7 Orang
AC
Analog
Analog, Dobel Blower
Auto Digital, Dobel Blower
Speedometer
Monochrome MID
TFT LCD 4.2″
Entertainment
Double-Din USB/MP3
5.6″Touchscreen, Miracast, Bluetooth, AirGesture
Warna Interior
Hitam
Paduan Coklat Tua dan Hitam/Fromage dan Hitam (khusus warna body tertentu)
Keamanan dan Keselamatan
Keamanan
Remote Alarm
Remote Alarm + Immobilizer
Sistem Rem
Disc Brake
Disk Brake, ABS
Kunci
Ada
Keyless
VSC
Tidak
Ada
HSA
Tidak
Ada
Airbag
Kursi Depan
Sliding Door
Manual
Electric Sliding Door
ISOFIX
Ya
Sensor Parkir
Ya

Dan berikut untuk harga setiap variannya ketika di IIMS 2016
Harga Toyota Sienta
Tipe
Harga
Toyota Sienta E (MT)
Rp 230 juta
Toyota Sienta E (CVT)
Rp 245 juta
Toyota Sienta G (MT)
Rp 245 juta
Toyota Sienta G (CVT)
Rp 260 juta
Toyota Sienta V (MT)
Rp 260 juta
Toyota Sienta V (CVT)
Rp 275 juta
Toyota Sienta Q (CVT)
Rp 295 juta
Terima kasih sobat udah mau berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan share ke teman kalian bila ini anda anggap bagus

Baca juga yuk artikel lainnya

0 komentar :

Posting Komentar